SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Wujudkan Good Governance, Dinkes Makassar Gelar Workshop Informasi Kesehatan

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 07 April 2017 18:14
Wujudkan Good Governance, Dinkes Makassar Gelar Workshop Informasi Kesehatan

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka peningkatan pelayanan prima dan mutu sistem informasi Kesehatan. Dinas Kesehatan Kota Makassar, mengadakan Workshop dan implementasi DHIS2 sistem informasi kesehatan di Hotel Clarion Makassar, Jumat (7/4).

Dalam sambutan Kadis Kesehatan Kota Makassar, dr A Naisyah T Azikin M Kes menjelaskan, Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan primer yang menyelenggarakan kesehatan masyarakat tingkat pertama, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

“Kegiatan ini, untuk mengoptimalkan fungsi Puskesmas, sehingga diperlukan manajemen yang didukung sistem pencatatan dan pelaporan yang berkualitas,” ujarnya.

Dijelaskan, pemanfaatan teknologi di instansi pemerintahan dilakukan guna mewujudkan ‘good governance’ secara optimal sehingga mampu mencapai sistem informasi kesehatan terintegritasi yang handal guna mendukung manajemen pembangunan kesehatan.

“Untuk mengintegrasikan sistem tersebut dapat dikaitkan dengan aplikasi DHIS2, yang kini diterapkan di 30 negara,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah agar diperoleh pemahaman dan kesepakatan dalam rangka penyelenggaraan sistem informasi kesehatan yang bermutu.

Pemahaman dan Kesepakan tersebut, lanjut dia. Diutamakan pada terwujudnya kelengkapan dan ketepatan pelaporan data kesehatan, baik ditingkat Kota atau puskesmas di kecamatan.

“Untuk keperluan tersebut, dibutuhkan dukungan sistem informasi Puskesmas yang baik, mulai dari pengumpulan data hasil pelaksanaan kegiatan, sampai pada pengolahan dan pemanfaatannya,” pungkasnya.

Acara penguatan sistem informasi kesehatan ini, diikuti oleh 14 dari 46 puskesmas yang ada di kota Makassar.


div>