MINGGU , 19 NOVEMBER 2017

XL Axiata Gandeng Kemendikbud Selenggarakan Youth Leadership Camp 2017

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 18 Agustus 2017 20:49
XL Axiata Gandeng Kemendikbud Selenggarakan Youth Leadership Camp 2017

150 Sekolah Diikuti Sertakan di kegiatan program Youth Leadership Camp 2017 yang diselenggarakan oleh XL Axiata bersama Kemendikbud. Foto: Reza/RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pelajar usia belasan tahun rentan terhadap pengaruh teknologi. Olehnya itu, PT XL Axiata menyelenggarakan program “Youth Leadership camp 2017” di tiga kota, yakni Yogyakarta, Makassar dan Jakarta.

Kegiatan yang didukung oleh dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI ini melibatkan sebanyak 100 pelajar yang bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan pada para pelajar tingkat SMA/SMK, dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital secara positif.

General Manager Sales Operation XL Axiata North Region, Ivan Priyahutama mengatakan XL Axiata berkontribusi besar dalam membantu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan membentuk generasi muda yang berkarakter di lingkungan pelajar tingkat SMA/SMK.

“Kami melihat, kepemimpinan merupakan bekal bagi para siswa untuk berkehidupan di masyarakat nantinya. Melalui program ini juga diharapkan dapat mengatasi kekhawatiran akan pengaruh radikalisme serta intoleransi di kalangan pelajar tingkat SMA/SMK, sehingga kami menganggap perlunya suatu program yang dapat menumbuhkan dan menguatkan karakter para siswa,” ucap Ivan saat press conference di Maxone Hotel, Jumat (18/8).

Menurutnya, program XL Youth Leadership Camp 2017 mempersiapkan keterampilan inovatif yang harus dimiliki oleh pemimpin muda di masa depan. Hal ini juga merupakan respon atas berbagai isu yang menerpa dunia pendidikan Indonesia, seperti sikap radikalisme, tidak saling menghormati sesama termasuk perundungan, yang sebagian di antaranya terbentuk karena salah dalam memanfaatkan sarana digital.

“Anak-anak muda yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat akan mampu memanfaatkan teknologi secara positif dan menghindarkan pengaruh negatif darinya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, program XL Youth Leadership Camp akan berlangsung selama dua hari, dalam bentuk pelatihan kepemimpinan yang dikemas secara interaktif dan menyenangkan dalam bentuk permainan.

[NEXT-RASUL]

“Materi pelatihan bersifat penguatan kapasitas kepemimpinan dengan fokus pada kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, berkomunikasi yang efektif, digital team work, pemecahan masalah, outdoor team work dan emotional intelligence, serta etika berinternet dan Social Media 101,” tuturnya.

“Ada 150 sekolah yang mendapatkan undangan dadi XL Axiata dan Kemendikbud untuk mengikuti program ini. Setiap sekolah yang terpilih wajib mengirimkan dua orang, yang merupakan pemimpin di organisasi sekolah. Mereka akan mengikuti perkemahan yang akan diselenggarakan di Makassar pada 18-19 Agustus mendatang,” tambahnya.

Ivan berharap para peserta akan dapat mempraktekkan dan membiasakan diri dengan bekal yang diterima selama perkemahan untuk digunakan dalam berbagai konteks ketika pulang ke sekolah asal. Mereka diharapkan juga akan membagikan atau memultiplikasi materi selama perkemahan kepada teman-teman sekolahnya.

“Kemendikbud sendiri berharap program ini akan meningkatkan pengetahuan siswa, di luar apa yang diajarkan di sekolah, untuk bekal masa depan sesuai tuntutan zaman, selain juga akan membantu memperkuat peran swasta untuk mendukung Kemdikbud bersinergi memajukan dunia pendidikan di Indonesia,” tutupnya.


div>