RABU , 12 DESEMBER 2018

Ya Ampun… Nama Sekolah ini Artinya Tinja

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

faisalpalapa

Sabtu , 19 Agustus 2017 21:45
Ya Ampun… Nama Sekolah ini Artinya Tinja

int

RAKYATSULSEL.COM — Daebyun Elementary School segera berganti nama. Selama sekitar 55 tahun, para siswa yang menuntut ilmu di sekolah tersebut menjadi bulan-bulanan teman-temannya dari sekolah lain. Semua terjadi gara-gara nama. Dalam bahasa Korea, arti daebyun adalah tinja. Paling cepat, nama sekolah berubah tahun depan.
’’Kamu bersekolah di SD Tinja ya?’’ Itulah kalimat yang paling sering dipakai untuk mengolok-olok siswa dari sekolah di Gijang County, Busan Metropolitan, tersebut.

Kesal terus-menerus menjadi bahan tertawaan, pihak sekolah akhirnya membuat petisi untuk mengubah nama daebyun. Sejak April, lebih dari 4.000 tanda tangan terkumpul. Kini petisi itu sudah diproses dewan sekolah.

Rencananya, dewan sekolah mengadakan rapat pekan depan untuk membahas perubahan nama. Saat ini ada tiga usulan nama yang telah masuk. Salah satunya adalah haeparang yang berarti ombak laut. ’’Dua usulan lainnya lebih berbau geografis,’’ terang seorang pejabat sekolah yang merahasiakan namanya kemarin.

Sebenarnya nama daebyun diambil dari Daebyun-ri. Itulah nama desa yang menjadi area sekolah. Daebyun-ri pun merupakan turunan kata daedonggobyunpo, nama pelabuhan di Busan yang juga tenar dengan nama Daedong Warehouse Coast. Jadi, dari sisi asal usul kata, nama daebyun sama sekali tidak berkaitan dengan tinja.

Namun, karena Korsel menggunakan abjad Hangul yang penulisannya berupa kaligrafi, sebuah kata bisa jadi punya banyak makna. Begitu pun kaligrafi Tiongkok yang multitafsir. ’’Kami menginginkan sekolah dengan nama yang cantik,’’ kata pejabat sekolah tersebut.

Spanduk dengan pesan yang sama terpampang di dinding sekolah. Bukan hanya warga sekolah, seluruh wali murid pun menginginkan perubahan nama.

Harian Kyunghyang Shinmun melaporkan, Daebyun Elementary School bukan satu-satunya sekolah dengan nama yang tidak pantas. Beberapa nama sekolah yang lain juga punya tafsir yang tidak sopan. Di antaranya, jungja yang berarti sperma dan junggwan yang bermakna zakar. Ada pula yadong yang berarti pornografi dan mulgun yang bermakna penis. (AFP/koreantimes/hep/c14/any)


div>