RABU , 14 NOVEMBER 2018

Yapim Lepas Ratusan Mahasiswanya Ke Desa

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 28 Januari 2016 12:14

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Yayasan Perguruan Islam Maros (YAPIM) melepas ratusan mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Lapang Terpadu (KKLT), Kamis (28/1) di Aula Al-Markas Maros.

Sebanyak 358 mahasiswa akan ditempatkan di 30 desa di Enam kecamatan di Kabupaten Maros. Mereka merupakan mahasiswa tingkat akhir di tiga pergurauan tinggi yang ada bawah bendera Yapim, yakni Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER).

Ratusan mahasiswa ini dilepas langsung oleh Koordinator kopertis Wilayah IX, Hj Andi Niartiningsih. Dalam sambutannya, Andi Niartiningsih mengingatkan agar para mahasiswa tetap menjaga nama baik institusi dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami berpesan kepada ananda semua agar kiranya bisa menjaga nama baik kampus dan bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat, meskipun hanya sebulan, kita harap program kerjanya nanti tidak muluk-muluk, yang penting bisa menjadi peletak pertama program yang kemudian bisa dilanjutkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, koordinator kopertis juga berpesan kepada para mahasiswa untuk mempelajari kearifan lokal agar muda beradaptasi dan melakukan sinergitas dengan para masyarakat di mana para mahasiswa ini melakukan KKLT.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua panitia KKLT, Muhammad Nasrum. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa peserta KKLT nantinya bisa mengaplikasikan disiplin ilmu masing-masing. “Mahasiswa dari tiga sekolah tinggi ini nantinya akan menerapkan ilmunya masing-masing di Desa, seperti STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,red). Mereka akan mengajarkan pendidikan berkarakter, untuk ilmu pertanian akan melaksanakan program yang sekaitan dengan pertanian, untuk manajemen lebih fokus kepada sistem manajemen di desa, juga tentang pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa, red),” ujar Nasrum.

Sementara itu, mewakili Yayasan Perguruan Islam Maros (YAPIM) Syahrir mengharapkan kegiatan ini mampu memperlihatkan komitmen kampus Yapim dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. “Ini adalah bagian dari komitmen kampus dalam pengembangan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas, apalagi saat ini yapim sedang dalam proses menuju universitas dengan berbagai persiapan yang telah kita lakukan,” kata Syahrir.


div>