JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Yazid Saleh Busthami Resmi Jadi Ketum Khalwatiyah Syekh Yusuf

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 13 Mei 2017 12:14
Yazid Saleh Busthami Resmi Jadi Ketum Khalwatiyah Syekh Yusuf

Suasan pelantikan Muhammad Yazid Saleh Busthami sebagai Ketua Umum Tanfidziyah Jam'iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary setelah dilantik Ketua Dewan Mursyid Jam'iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf, Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka, Kamis (11/5) lalu di Balai Manunggal Jenderal M Yusuf. Foto: ridwan lallo/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Muhammad Yazid Saleh Busthami akhirnya resmi menjabat Ketua Umum Tanfidziyah Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary setelah dilantik Ketua Dewan Mursyid Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf, Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka, Kamis (11/5) lalu.

Yazid bersama Sekretaris Jenderal yang baru, Asep Saefullah (menggantikan Mahmud Suyuti), dilantik di hadapan ribuan peserta acara Haul ke-11 salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama Sulsel yang juga Mursyid ke-11 Khalwatiyah Syekh Yusuf, almarhum Syekh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma di Balai Manunggal Jenderal M Yusuf Jl Jenderal Sudirman Makassar.

Prosesi pelantikan dilakukan dengan penyerahan selendang hijau dari mantan Ketum M Tobo A Haeruddin ke Syekh Puang Makka, lalu Puang Makka mengalungkannya ke Yazid Busthami.

Tobo sempat meneteskan air mata saat menyampaikan sambutannya. Ia mengaku, berat dan sedih mengingat masa-masa perjuangannya dulu bersama para pengurus dan mursyidnya Puang Makka yang membimbingnya secara spiritual.

“Namun, inilah aturan organisasi kita yang konsisten takkan terlibat politik praktis, karena Jam’iyah Khalwatiyah menaungi semua partai politik. Karena itu saya yang saat ini berkiprah di politik memilih mengundurkan diri,” ungkap Tobo yang kini menjabat Ketua OKK Partai NasDem.

“Kita semua telah dipersaudarakan dunia akhirat oleh mursyid. Doakan saya bisa sukses dan bawa nama baik tariqah di dunia politik agar NKRI semakin kuat. Saya minta maaf kepada jemaah semua mungkin saja ada salah selama menjabat ketua dua periode,” tutur Tobo.

Adapun Yazid menyatakan siap mengemban amanah untuk melanjutkan kepengurusan antar waktu (PAW) ini hingga 2018 mendatang. “Insya Allah, Siap!” tegas Yazid saat diambil sumpahnya Syekh Puang Makka.

[NEXT-RASUL]

Beberapa program Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf yang saat ini berjalan, selain penguatan spritual jemaah melalui zikir dan pengajian rutin, juga pembangunan pondok pesantren, pembangunan Halaqah Zikir di Parangloe, Masjid di Sudiang, dan Madrasah Diniyah.

Dalam acara haul tersebut sejumlah tokoh agama hadir, diantaranya Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, Kepala Kemenag Sulsel Wahid Tahir, para pimpinan pondok pesantren, Habaib dan sejumlah mursyid thariqah di Sulsel. (***)


div>